" KETKOM _ APOTIK Franchise Vs Rakyat "

*APOTEK FRANCHISE


1)  APOTIK  K24 :
 Merupakan salah satu dari beberapa apotek franchise yang ada di Indonesia, dari logonya saja dapat di simpulkan bahwa apotek tersebut merupakan apotek slalu melayani pelanggan baik itu yang menebus resep dokter maupun obat bebas selama 24 jam non stop.Pengguna jasa layanan apotik ini ditawarkan berbagai fasilitas dan kelengkapan yang tidak diberikan oleh sebagian apotik rakyat,sehingga namanya kian melejit pada semua strata ekonomi masyarakat.



2) APOTIK CENTURY :

Menurut saya sebagai salah satu apotik franchise maka apotek ini terbilang cukup mewah.Dengan bangunan yang bagus disertai fasilitas dalamnya yang cukup lengkap serta obat-obatan yang lengkap maka tidak salah jika apotek ini cukup dikenal masyarakat kota.Terlebih lagi pada logo tertera tulisan "JARINGAN APOTEK TERPERCAYA" sehingga makin mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk dapat ikut serta mendapat layanan yang baik dari apotik tersebut.





3) APOTIK GUARDIAN :

    Dari logo maupun gambar salah satu sidefront dari apotik tersebut dapat disimpulkan bahwa apotikk guardian merupakan apotik mewah yang keberadaannya terbilang cukup mendominasi apotik franchise lainnya di kalangan strata ekonomi menengah ke atas,hal ini dapat dilihat dari keberadaan stand-stand ataupun cabang dari apotik tersebut yang tergolong berani yaitu pada MALL atau jalan-jalan strategis di tengah kota yang jika dikalkulasi cukup membuat para pemula yang hendak bergabung pada grup franchise tersebut mengernyut dahi. Pajak penyewaan tempat cukup tinggi sehingga menyebabkan harga obat ikut melejit namun tidak menyurutkan para pengguna jasanya untuk melepas keberadaan apotik tersebut dalam rangka pemeliharaan kesehata mereka karena fasilitas yang ditawarkan pada apotik tersebut terbilang mewah dan cukup memuaskan pengunjung apotik.



"APOTIK RAKYAT"

1) APOTIK BUKIT MAS
    jln.abd.wahab siamin 183 ruko villa bukit mas,Surabaya



Merupakan salah satu dari sekian banyak apotik rakyat yang ada di Indonesia,Dimana kualitas obat yang ditawarkan tidak begitu jauh berbeda dengan obat-obat yang di tawarkan oleh apotik franchise,pelayanannya juga terbilang lumayanlah meskipun kualitas pelayanan maupun fasilitas yang ditawarkan belum cukup mampu untuk disandingkan dengan apotik-apotik franchise yang telah beredar luas di Indonesia.


2) APOTIK AIRLANGGA
     jln.AirLangga 37,Surabaya


Sama halnya dengan Apotik diatas,apotik ini termaksud apotik rakyat meskipun di kelola oleh sebuah fakultas farmasi.Dilihat dari kondisi bangunan maupun promosi atau spanduk apotik tidak cukup kuat untuk menarik minat para pengguna jasa layanan pengobatan untuk menebus resep maupun membeli obat bebas, meskipun harga yang ditawarkan cukup miring untuk kelompok masyarakat menengah ke bawah serta mahasiswa sekitar apotik.


Adapun kelebihan serta kekurangan dari tiap kelompok apotik di atas dapat disimpulkan di bawah ini : 

 ** KELEBIHAN Apotik FRANCHISE :
  •  Lokasi apotik terbilang strategis dan mudah dijangkau setiap saat
  • Fasilitas yang ditawarkan tergolong cukup memuaskan pelanggan apotik, bahkan sangat lengkap
  • Pelayanan para petugas apotik yang berdedikasi serta memiliki skill yang cukup
  • Kondisi apotik bersih serta wangi
  • Obat-obatan yang tersedia sngat lengkap dari bentuk generik hingga merk dagang
  • Terdapat fasilitas tambahan seperti tempat bermain anak atau cafe yang menawarkan makanan,dll.

** KEKURANGAN Apotik FRANCHISE :
  • Memerlukan Modal yang tinggi untuk menjadi anggota franchise,modal awal 600-650 jt
  • Karena biaya yang di keluarkan cukup tinggi untuk sebuah apotik franchise menyebabkan harga obat sedikit di atas rata-rata apotik rakyat.
  • Franchise Fee sebesar Rp. 80juta untuk masa waralaba 6 tahun;dibayar dimuka,Royalty Fee sebesar 1,2% dari omzet/bulan, Dana promosi Bersama sebesar 0.3% dari omzet/bulan.

** KELEBIHAN Apotik RAKYAT :
  • Tidak memerlukan modal yang tinggi untuk membangun sebuat apotik
  • Harga obat yang ditawarkan pada apotik rakyat cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat
  • Pada beberapa apotik terletak pada daerah-daerah strategis
  
** KEKURANGAN Apotik RAKYAT :
  •  Pada beberapa apotik rakyat, fasilitas yang ditawarkan belum memadai
  • Beberapa lokasi paotik tidak strategis
  • Petugas apotik tidak perlu memiliki skill yang cukup untuk sekedar melayani pasien yang menebus resep
  • Obat-obat yang tersedia tidak begitu lengkap
  • Tidak ada fasilitas tambahan seperti tempat bermain anak,AC, ataupun cafe yang meyediakan makanan

1 komentar:

  1. salam kenal, kira kira berapa minimal modal operasional yang dibutuhkan untuk sebuah apotik rakyat? herisukamto@yahoo.co.id

    BalasHapus