The Best Never Rest !!


HMM....???

Mungkin itu salah satu kalimat budoh eh bodoh yang pernah tertulis dalam sejarah.Kenapa ?? Karena bagaimanapun, kita butuh istirahat (fisik maupun pikiran), kalau pun kemudian kita istirahat, hal itu sama sekali tidak membuktikan bahwa kita bukanlah yang terbaik.

Mungkin, maksud dari orang yang mengungkapkan kalimat tersebut adalah bahwa orang-orang yang terbaik adalah mereka yang sangat gigih dalam perjuangannya.Kalau yang ini saya setuju, teman-teman juga setuju kan?? bahwa orang yang terbaik adalah orang yang gigih dalam perjuangan mereka. Tapi bukan berarti tidak boleh istirahat.Istirahat justru merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan ketika kita lelah dalam perjuangan. Betapa banyak di antara kita yang begitu meremehkan orang-orang yang sedang beristirahat, dan dengan penghargaan yang serendah-rendahnya mengatakan bahwa mereka yang beristirahat itu adalah pemalas.Tidak !! Sekali-sekali jangan berkata demikian kepada mereka yang sedang beristirahat, bila tidak mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan. Sungguh hal itu sangat menyakitkan.

Mengapa kita tidak memandang bahwa istirahat adalah merupakan bagian dari proses yang harus ditempuh dalam sebuah perjuangan? Istirahat dan refresing bisa dijadikan sebagai saat-saat untuk melemaskan oto-otot yang menegang sekaligus saat-saat untuk mengisi ulang "baterai" yang sudah melemah. Bagi teman-teman yang telah lama berjuang (apapun yang sedang kalian perjuangkan) tapi belum juga bertemu dangan keberhasilan, mungkin istirahat adalah sesuatu yang saat ini teman-teman butuhkan. Dalam perisrahatan kita bisa merenungi dan mengevaluasi gerak kita dalam perjuangan,jangan-jangn langkah yang kita tempuh tidak lagi searah denga garis pejuangan yang telah ditetapkan di awal, jangan-jangan gerak kita telah membabi buta karena banyak sekali hal yang kita temui dalam perjalanan yang membuat kita terpalingkan dari arah yang semestinya. jangan-jangan langkah yang telah kita tempuh sama sekali tidak berkaitan dengan yang dicta-citakan. Atau parahnya, jangan-jangan visi dan misi perjuangan kita ternyata salah ?? atau kita berjuang tampa memiliki visi dan misi yang jelas ?? maka beristirahatlah sebelum menyimpang terlalu jauh.


Dalam peristirahatan batin dan perenungan yang dalam,kita bisa mempertanyakan; apakah kita telah memiliki visi dan misi yang benar dan jelas dalam perjuanagn ini?? jika visi dan misinya benar, lalu apakah langkah-langkah (baca : strategi) yang telah ditempuh dalam upaya mewujudkan visi dan misi itu juga sudah benar ?? jika jawaban dari semua pertanyyan di atas adalah TIDAK, maka dalam peistirahatan itu kita bisa menata diri untuk kemudian menyusun langkah-langkah yang akan ditempuh demi meraih keberhasilan.
Kepada mereka yang memang tidak melakukan apapun dalam hidupnya (biasa disebut pemalas), saya sama sekali tidak bermaksud untuk membela teman-teman dengan tulisan ini.Sama sekali tidak !!.
Saya hanya ingin mengungkapkan betapa pentingnya istirahat bagi mereka yang sedang kelelahan dalam pejuangan. Saya tidak mau jadi orang bodoh! makanya, saya ingin istirahat! Mari istirahat untuk kemudian kembali kemedan perjuangan dengan langkah yang lebih ganas dan terarah...!!!

(dikutip dari : OpenMind ed 11 dengan sedikit ubahan)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar