Info Unik But Nyata..






"MENARA PISA SALAH DESAIN"

Bonanno Da Pisa adalah seorang arsitek yang dipercaya untuk membangun menara tersebut pada tahun 1174.Kesalahan berawal pada awal pembangunan pondasi menara yang dalamnya hanya sekitar 3 meter,bisa dibandingkan dengan tinggi menara tersebut yang mencapai 56 meter.
Akibatnya,di tengah pelaksaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser dan menara pun menjadi miring sehingga proyek harus dihentikan sementara waktu.Kemudian proyek pembangunan tersebut dilanjutkan kembali dan selesai pada tahun 1350 dengan tiga dari delapan tingkatnya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng hampir 5,1 meter dari desain semula.
Meskipun sudah dikoreksi,menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang dan selalu akan lebih miring beberapa milimeter per tahunnya.





"UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA"

Universita Al-Azhar,kairo,Mesir adalah Universitas tertua di Dunia,seumur dengan kota Kairo itu sendiri yang didirikan pada tahun 969 Masehi.Al-Azhar di tahun 1975 merupakan pioner dari sistem pelajaran yang maju dimana kurikulumnya pada saat itu sudah mengajarkan hirarki yang jelas antara pengajar tetap maupun profesor tamu,selain itu juga sudah ada pelajaran atau gelar tehnik dan pengobatan.
Eropa sendiri baru memiliki Universitas tahun 1088 di Bologna,Italia dan Amerika baru memiliki Universitas tahun 1636 yaitu Harvard yang didirikan di Cambridge,Massachusetts, tidak lama setelah penjelajah Inggris tiba di Massachusetts,Amerika.
Al-Azhar didirikan oleh Jawhar, komandan pasukan yang dikirim Al-Muiz, Khalifah dari dinasti Fatimiyah untuk menaklukkan Mesir, Ketika menemukan Kairo pada 358 H / 969 M, ia lalu membangun sebuah mesjid yang dinamakan Al-Azhar. Mesjid ini dibangun dalam waktu kurang lebih dua tahun dan dibuka untuk shalat untuk pertama kalinya pada hari ke 7 Ramadhan 361 H/ 22 Juni 972 M. Para sejarawan berbeda pendapat tentang sebab penamaan Al-Azhar untuk mesjid tersebut. Sebagian berpendapat penamaan tersebut berkenaan dengan lingkungan di sekitar mesjid tersebut dipenuhi oleh tanaman rindang dan bunga-bungaan (makna dari Al-Azhar dari zahra). Sebagian yang lain menyakini nama tersebut diambil dari nama belakang Sayidah Fatimah Al-Zahra putri Nabi Muhammad SAW, sebagai sebuah penghormatan kepada beliau. Pendapat terakhir lebih bisa diterima mengingat pendirinya adalah Bani Fatimiyah.

Berdirinya Universitas Al-Azhar bisa dikatakan merupakan perluasan secara alami terhadap mesjid Al-Azhar tersebut. Al-Azhar merupakan Universitas dan Institusi Pendidikan Islam tertua dan disegani diseluruh dunia tanpa terkecuali. Selama lebih dari seribu tahun Al-Azhar telah mencetak ribuan sarjana-sarjana yang handal, tenaga-tenaga pendidik yang tiada bandingannya, penjaga warisan khazanah Islam dan pengokoh identitas Islam.





"KITA TELAH MEMILIKI 8 ORANG PRESIDEN,BUKAN 6 ORANG"

Terdapat beberapa kekeliruan sejarah pada tulisan yang disampaikan berbagai media massa Bahwa SBY (Susilo Bambang Yodhoyono)adalah presiden ke 6 Republik Indonesia.

Anggapan umum tokoh yang pernah menjadi presiden RI berturut-turut yaitu : Soekarna, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan kini Susilo Bambang Yudhoyono.
Pada hal ada dua tokoh yang terlewat, yaitu Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. Sjafruddi Prawiranegara adalah Pemimpin pemerintahan darurat Republik Indonesia pada tahun 1948 ketika Soekarno dan Hatta di tangkap belanda pada awal agresi militer ke dua, sedangkan Assaat adalah Presiden RI saat Republik menjadi bagian dari Republik Indonesia serikat pada tahun 1949.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar